Sabtu, 14 Maret 2009

PERISTIWA

Barak dan Mess PLTU Labuan Angin Terbakar
Tapteng, Batak Pos
Sejumlah barak dan mess milik kontraktor di area proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Labuan Angin di Desa Poriaha Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) ludes dilalap si jago merah, Sabtu (14/3) sore sekitar pukul 15.30 Wib.
Sejumlah informasi yang diperoleh menyebutkan, tidak ada korban jiwa akibat amukan api yang melalap habis seluruh mess dan barak termasuk kantin yang terbuat dari kepingan papan tripleks dan broti yang selama ini digunakan sebagai tempat tinggal karyawan salah satu perusahaan tersebut, sementara kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Kepala proyek PLTU Labuhan Angin, Aji Sutrisno yang dikonfirmasi wartawan via telepon selulernya membenarkan, barak dan mess berikut kantin di area PLTU tersebut hangus terbakar, namun kejadian itu sama sekali tidak berpengaruh terhadap aktifitas PLTU Labuan Angin.
“Kegiatan PLTU hingga saat ini belum ada kendala, walaupun masih dalam tahapan pengetesan oleh pihak rekanan. Berdasarkan laporan dari anggota kita yang bertugas di sana, peristiwa kebakaran tersebut berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB dan api berhasil di padamkan pada sekitar pukul 16.15 WIB, tapi tidak ada korban jiwa dan tidak mempengaruhi aktifitas PLTU,” sebut Aji seraya menambahkan, tidak ada kantor yang terbakar dalam peristiwa itu.
Dari kejauhan terlihat jelas, amukan api yang berkobar-kobar disertai kepulan asap yang membubung tinggi ke angkasa, dan sempat menarik perhatian dan menjadi tontonan masyarakat di sekitar lokasi PLTU, bahkan terlihat hingga ke Kota Sibolga yang berjarak puluhan kilo meter.
Informasi lainnya menyebutkan, area proyek tersebut saat ini sedang dilakukan pembersihan, mengingat kegiatan pengerjaan proyek PLTU Labuan Angin berkapasitas 2 x 115 MW itu telah rampung dan segera beroperasi secara komersil pada tahun 2009 ini, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk peresmian yang rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) mendatang. (Jason Gultom)
Keterangan Foto:
Mes dan barak milik kontraktor di Areal PLTU Labuhan Angin saat terbakar, sementara dari Kota Sibolga Tampak jelas kebulan asap akibat kebakaran tersebut (Batak Pos/Jason Gultom)

Tidak ada komentar: