Rabu, 18 Maret 2009

KESEHATAN

RSUD Pandan Berbenah Jadi RS Khusus Rehabilitasi Medik

Pandan, Batak Pos

Jelang ulang tahun RSUD Pandan yang kedua, rumah sakit ini semakin berbenah diri. Diantaranya, melengkapi berbagai fasilitas alat kesehatan seperti persiapan pengoperasian unit Hemodialisa (cuci darah) dan unit transfusi darah. Selain itu juga, RSUD milik Pemkab Tapteng ini akan melengkapi tenaga medis khususnya dokter spesialis sesuai dengan program Departemen Kesehatan yaitu memiliki 4 dokter spesialis dasar yaitu, spesialis anak, bedah, kebidanan, dan bedah. Demikian disampaikan Plt Direktris RSUD Pandan, Dr Masdiana Doloksaribu, MARS ketika dikonfrimasi wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/3).

Menurutnya, Pemkab Tapteng sudah mengadakan MoU dengan USU Medan guna menghadirkan ke empat dokter spesilasis dasar tersebut. “Dengan demikian jumlah dokter spesialis di RSUD Pandan ini nantinya sudah semakin lengkap, karena saat ini kita sudah memiliki dokter spesialis syaraf, paru, mata, kebidanan, penyakit dalam. Dan tahun ini juga RSUD Pandan akan memiliki CT-Scan (alat diaknostik radiologi),”kata Masdiana.

Dikatakannya, semua kelengkapan fasilitas tersebut tidak terlepas dari perjuangan pak Bupati Tuani Lumbantobing untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat khususnya dibidang kesehatan, karena di kawasan Pantai Barat Sumatera Utara ini baru RSUD Tarutung yang sudah memiliki alat pencuci darah, jika dilihat dari jarak tempuhnya dan juga kondisi jalan yang banyak tikungan dan jurang, sangat sulit untuk membawa pasien berobat ke sana. Dengan dilengkapinya alat Hemodialisa dan CT-Scan di RSUD Pandan, maka rumah sakit ini menjadi satu-satunya RS yang faslitasnya terlengkap di kawasan Pantai Barat Sumatera Utara ini.

Lantas bagimana dengan sumber daya manusia, menurut Masdiana, pihaknya sudah mempersiapkan tim medis yang saat sedang study di Medan. “Nantinya merekalah yang akan menggunakan dan mengoperasikan alat tersebut,”jawabnya. Khusus pengoperasian Hemodialisa (alat pencuci darah) akan dilaksanakan Senin depan (23/3) tepatnya dihari ulang tahun RSUD Pandan yang kedua. Sebanyak 4 orang pasien gagal ginjal sudah mendaftar untuk menikmati layanan tersebut, karena pada hari pelaksanaan direncanakan supervesior ginjal Prof DR Harun Ryasid Lubis SPPd akan hadir. Pada kesempatan itu juga akan diresmikan Poliklinik terpadu RSUD Pandan yang didalamnya ada beberapa klinik seperti, klinik mata, kebidanan, penyakit dalam, rehabilitasi, anak, dan klinik bedah.

“Target kita ke depan adalah bagimana RSUD Pandan ini kelak menjadi RS khusus Rehabilitasi Medik, karena di kawasan Pantai Barat Sumatera Utara ini RSUD Pandan yang paling unggul dibidang Rehabilitasi Medik. Atas dasar itulah target kita menjadi RSU khusus rehabilitasi atau pusat rujukan di kawasan Pantai Barat Sumatera Utara,”kata Masdiana. (Jason Gultom)

Keterangan Foto:

Plt. Direktris RSUD Pandan, Dr Masdiana Doloksaribu MARS saat memberi keterangan kepada Batak Pos (Batak Pos/Jason Gultom)


Tidak ada komentar: