Jumat, 07 Agustus 2009

Kecelakaan di Laut

ABK KM Samudra Yang Hilang Ditemukan Sudah Meninggal Dunia
Sibolga, BATAKPOS
Deru ombak di bibir pantai Pelabuhan Sibolga Jumat sore (7/8) seakan ikut menagis menyambut jenazah Victor Purba (43) Anak buah kapal (ABK) KM Samudra yang terlempat ke laut akibat kapal yang ditumpanginya dihantam badai di perairan Situngkus-Poncan Gadang, Sibolga Rabu kemarin. Rasa haru masyarakat dan juga pihak keluarga tidak terbendung ketika jenazah korban diangkat dari kapal nelayan menuju Ambulance yang sudah siagakan di pelabuhan.

Kabar hilangnya Victor Purba warga Ketapangan, Kelurahan Sibolga Ilir, Sumatera Utara ini menjadi pembicaraan hangat bagi warga Sibolga, khususnya para nelayan yang saban hari harus berhadapan dengan deru ombak di laut demi mengidupi anak dan keluarga mereka. Sebagai bentuk solidaritas para nelayan, mereka pun turut melakukan pencairan mulai Rabu kemarin bersama denganTim SAR (Pol Air, TNI, KPLP dan nelayan).

Menurut keterangan Kapolres Kota Sibolga melalui Kasatpol Air, Iptu Bakharuddin kepada BATAKPOS, Jumat (7/8) di pelabuhan Sibolga Sambas mengatakan, mayat ditemukan sekitar pukul 14.30WIB di lokasi jatuhnya korban yakni antara perairan Situngkus-Poncan Gadang dengan posisi terapung.

”Sejak kita menerima laporan adanya ABK yang hilang, kita langsung melakukan pencarian, namun karena kondisi cuaca yang masih buruk kemarin, kita terpaksa menghentikan pencarian dan dilanjutkan hari ini. Beruntung mayat korban berhasil ditemukan oleh Tim SAR sore tadi dan langsung kita beritahukan kepada pihak keluarga almarhum,”jelasnya.

Hasil amatan BATAKPOS, kondisi mayat sudah mulai membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap. Sementara posisi mayat ketika dibawa dari laut dalam kondisi terbungkus plastik. Setibanya di Pelabuhan Sambasa Sibolga, mayat langsung dibawa ke RSUD FL Tobing untuk divisum.

Sementara itu menurut penjelasan Abang korban, BS Purba (67) warga Desa Lopian Kecamatan Badiri, mengatakan, bahwa jenazah korban akan dititipkan di RSUD FL Tobing, mengingat kodisinya yang sudah mulai membusuk dan sudah mengeluarkan bau tidak sedap.

“Jadi setelah kami rembuk dengan keluarga, kita sepakati agar jenazah korban dititipkan saja di RSUD FL Tobing, karena kondisi jenazah yang sudah mengeluarkan bau tidak sedap. Sedangkan malam ini kami akan melaksanakan proses adat (Martonggo Raja). Dan sesuai dengan rencana hari Sabtu (8/8) proses pemakaman akan dilaksanakan di Pekuburan Pentakosta Mela Malaka. (Jas)

Keterangan Foto

EVAKUASI MAYAT

Jenazah Victor Purba, ABK KM Samudra yang terlempar ke laut Rabu subuh ditemukan Tim SAR sudah meninggal dunia, Jumat (7/8) (batakpos/Jason gultom)

Tidak ada komentar: