Kamis, 16 April 2009

RELIGIUS

Perayaan Paskah Berama MGMP-PAK se Kota Sibolga
Sibolga, Batak Pos
Untuk pertama kalinya setelah terbentuk bulan Maret 2009 lalu, MGMP-PAK (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen) se-Kota Sibolga melaksanakan perayaan Paskah bersama yang dipusatkan di Gereja HKBP Sibolga Kota, Senin (13/4). Perayaan Paskah ini sekaligus doa pemberangkatan bagi siswa SMA kelas III untuk mengikuti UAN (Ujian Akhir Nasional).
Menurut Ketua MGMP-PAK se Kota Sibolga K Mataniari, STh didampingi Sekretaris, Santri P Hasugian, STh, Wakil Ketua Torang Panjaitan STh dan Bendahara Dra Jojor N Situmeang mengatakan, tujuan dibentuknya MGMP-PAK se Kota Sibolga ini sebagai wadah bagi para guru agama Protestan maupun Katolik untuk menjalin silaturahmi serta ajang kebersamaan.
“Yang terlibat dalam organisasi ini semua guru-guru agama Protestan dan Katolik yang mengajar di Sibolga tingkat SMA sederajat. Jika dihitung jumlah gurunya cukup banyak sekitar seratusan. Selama ini belum ada wadah bagi kita sebagai guru-guru agama, makanya kita membentuk wadah ini, dan harapan kami, hal ini nantinya dapat ditiru oleh daerah-daerah lain, sehingga kebersamaan dan keakraban sesama guru agama dapat terjalin melalui wadah ini,”katanya.
Sekaitan dengan itu lanjut Mataniari, pengurus MGMP PAK langsung membentuk panitia untuk mengadakan perayaan Paskah bersama, dan hasilnya seperti yang kita lihat saat ini. Dimana ribuan siswa/i dari masing-masing sekolah SMA sederajat yang ada di Sibolga ini turut dilibatkan, dengan demikian pelaksanaan Paskah perdana bagi MGMP PAK ini dapat berjalan dengan baik. Selain itu juga, perayaan Paskah ini diisi dengan doa bersama untuk memberangkatkan siswa kelas III untuk mengikuti UAN,”jelasnya.
Perayaan Paskah yang diselenggarakan MGMP PAK ini persis seperti perayaan Natal, dimana para guru dan juga siswa membacakan liturgi masing-masing. Menurut Mataniari, pihaknya ingin mengambarkan kepada jemaat, bahwa bukan hanya Natal saja yang harus dirayakan semeriah mungkin. “Tradisi saat ini setiap menjelang Natal semua umat Kristen disibukkan berbagai kegiatan Natal, sementara pada perayaan Paskah tampak biasa saja. Padahal, makna Natal itu tidak ada arti tanpa ada kebangkitan Yesus Kristus atau yang disebut dengan Paskah. Hal inilah yang ingin kita sampaikan kepada jemaat makanya kita melaksanakan Paskah dengan model seperti ini. Selain itu juga para siswa akan semakin akrab dengan kegiatan ini, sehingga tingkat kekerasan sesame pelajar atau tauran dapat diminimalisasi karena mereka sudah saling mengenal,”tandasnya.
Ada pun yang menjadi thema Paskah ini adalah ‘Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini,’ dan Sub thema, Bersekutu dengan Tuhan akan mewujudkan masa depan yang penuh dengankeberhasilan.
Perayaan Paskah ini turut dihadiri Kakan Depag Sibolga, mewakili Dinas Pendidikan Sibolga, Ketua Dewan Pendidikan, BKAG, serta para Kepala Sekolah.
Ibadah yang berakhir pukul 20.00WIB ini berlangsung dengan khitmad dan penuh rasa kekeluargaan. (Jason Gultom)
Keterangan Foto:
Para guru yang tergabung dalam organisasi MGMP se Kota Sibolga saat membacakan liturgi pada perayaan Paskah perdana MGMP di Gereja HKBP Sibolga Kota, Senin malam (13/4). Jason Gultom/Batak Pos

Tidak ada komentar: