Selasa, 04 Agustus 2009

Pendidikan

Akbar Tanjung Kukuhkan 247 Siswa SMA Matauli Pandan

Tapteng, BATAKPOS

Sebanyak 247 siswa baru SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan, Sumatera Utara, angkatan ke XVI dikukuhkan oleh Dewan Pembina Yayasan Matauli, Dr. Ir. H. Akbar Tanjung, Selasa (4/8) di Kampus SMAN 1 Plus Matauli Pandan. Dari 854 calon siswa yang mendaftar ke SMA Matauli, hanya 247 orang yang dinyatakan lolos seleksi dan dikukuhkan menjadi siswa-siswi SMA Negeri Matauli Pandan, tahun pelajaran 2009-2010.

Acara pengukuhan ini pun ditandai dengan penyematan baret dan tanda pangkat kepada perwakilan siswa baru oleh Akbar Tanjung, yang dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi siswa kelas XI-XII yang berprestasi.

Kepala Sekolah SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Drs Sumartono dalam laporan akademiknya mengatakan, bahwa lulusan dari SMA Matauli Pandan tahun pelajaran 2008-2009 telah memperoleh tempat di pernguruan tinggi negeri serta diterima di Akmil, di Akpol, di Sekolah Tinggi Intelijen Negara, di Swiss German University (SGU), ITB, UI, IPB, Unpad, UPI, UNS, USU, Unimed, dan universitas lainnya.

Sementara itu dalam arahannya, Akbar Tanjung menjelaskan kembali apa dasar dan tujuan didirikannya SMA Matauli Pandan. “Sekolah ini kami dirikan tahun 1993 oleh beberapa putra daerah Tapteng yang ada di Jakarta, dengan tujuan ingin memberikan pendidikan yang sebaik-baiknya khususnya bagi masayarakat Tapteng-Sibolga. Namun seiring dengan perkembangan sekolah ini, SMA Matauli membuka diri untuk menerima siswa dari luar daerah karena sesuai dengan visinya, memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putri bangsa ini (Center Exellence),”jelasnya.

Dengan kehadiran Sekolah ini lanjut Akbar, banyak daerah-daerah lain yang terinsfirasi untuk mendirikan sekolah unggulan. Seperti di Sipirok, di Balige Yayasan Sopo Surung, dan juga SMA Unggulan Sibolga. “Semuanya itu bertujuan untuk berlomba-lomba memberikan pendidikan yang terbaik. Walau pun demikian, SMA Matauli tetap siap untuk bersaing dan menjadi unggul dari sekolah-sekolah lain. Karena kami dari pihak yayasan selalu berusaha untuk mencarikan guru-guru yang profesional. Untuk itu banggalah anda menjadi siswa SMA Matauli Pandan, karena namanya sudah cukup terkenal, dan alumninya sudah banyak yang menduduki posisi penting di dalam negeri ini.”tegasnya, yang disambut dengan tepuk tangan para undangan.

Ia pun berpesan kepada seluruh siswa SMA Matauli Pandan, agar tetap menjaga nama baik sekolah, serta menjaga disiplin. Dengan demikian jiwa pengabdian bagi bangsa ini dan cinta tanah air menjadi modal bagi generasi penerus bangsa khususnya siswa-siswi SMA Matauli Pandan. “Saya juga berpesan kepada para orangtua siswa, agar tetap memberikan motivasi dan kontribusi bagi anak-anak kita, sehingga cita-cita mereka menimbah ilmu di sekolah ini dapat terwujud dengan baik,”harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tapteng, Ir Effendi Pohan dalam sambutannya mengatakan, cukup bangga atas kehadira SMA Matauli Pandan yang telah mencetak generasi penerus bagi bangsa ini, khususnya bagi putra-putri Tapteng.

Usai acara pengukuhan, dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi belada diri, sendra tari, Marching Band, serta barisan diviley persembahan dari siswa/I SMA Matauli Pandan. Acara ini juga turut dihadiri, Wakil Wali Kota Sibolga, H Afifi Lubis, Ketua DPRD Sibolga, Caklul Umur Situmeang, Ketua DPRD Tapteng H Maratua Siregar, Wakil Bupati, Ir Effendi Pohan, Wakil Bupati Tapsel, Ir H Alpin Rapolo Siregar, Kapolres Tapteng, Kapolres Sibolga, dan undangan lainnya. (Jas)

Keterangan Foto

KUKUHKAN SISWA BARURata Penuh

Ketua Yayasan Matauli, Dr Ir H. Akbar Tanjung saat mengukuhkan 247 siswa baru SMAN 1 Plus Matauli Pandan, tahun pelajaran 2009-2010 di Kampus Matauli Pandan, Selasa (4/8). (batakpos/Jason gultom)

Tidak ada komentar: