Senin, 09 Maret 2009

Masyarakat Karo Sibolga Tapteng Sambut Kapolresta Sibolga Yang Baru

Mburo Ate Tedeh, itulah sebahagian adat masyarakat karo untuk menyambut tamu atau tokoh masyarakat Karo yang baru datang ke suatu daerah. Adat Mburu Ate Tedeh ini biasanya dirangkai dengan musik keyboard gendang karo dan penampilan penari sekaligus penyanyi karo yang dikenal dengan sebutan (Perkolong-kolong). Nuansa itulah yang terlihat saat ratusan masyarakat Karo yang berdomisili di Sibolga-Tapteng sewaktu menyambut kehadiran Kapolresta Kota Sibolga yang baru yaitu AKBP Jhony Sebayang bersama dengan isteri boru Taringan.
Acara penyambutan ini dilangsungkan di Gedung Hermina Sarudik, Minggu (8/3). Masyarakat Karo Sibolga-Tapteng yang jumlahnya sekitar 300 KK larut dalam suasana kekeluargaan saat menyanyikan tembang-tembang karo yang diikuti dengan lenggak lenggok tarian karo.
Pada pertemuan itu, pengurus merga (Marga) Silima yang ada di Sibolga-Tapteng menyampaikan ucapan selamat datang bagi Kapolresta Sibolga AKBP Jhony Sebayang yang merupakan putra terbaik masyarakat karo. Dalam sambutannya, Drs Ngalemi Sembiring Brahmana yang merupakan salahsatu pengurus Merga Silima Sibolga-Tapteng didampingi Benyamin Taringan yang juga Kadis Perindag Kota Sibolga mengucapkan selamat datang kepada Kapolres AKBP Jhony Sebayang yang baru bertugas di Sibolga.
“Kami masyarakat karo yang ada di Sibolga-Tapteng ini menyambut kehadiran orangtua kami bapak Kapolresta beserta dengan ibu. Kami masyarakat karo yang ada di dua daerah ini siap mendukung kinerja pak Kapolresta, dan kami juga sangat mengharapkan partisipasi dari pak Kapolresta untuk memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat karo yang ada didua daerah ini,”katanya.
Lebih lanjut dikatan mereka, kehadiran sosok AKBP Jhony Sebayang, mengingatkan mereka akan kehadiran beberapa pejabat marga karo yang telah bertugas di Sibolga Tapteng ini. Diantaranya, Dandim 0211 TT, Danrem, Kepala PM, Kejaksaan, Pengadilan, dan masih banyak lagi jabatan lainnya. Namun yang menduduki jabatan Kapolres baru lah AKBP Jhony Sebayang. “Atas dasar itulah, kami merasa bangga atas jabatan yang baru bapak emban saat ini, kami siap untuk mendukung tugas-tugas Negara yang dibebankan kepada bapak,”katanya.
Sementara itu Kapolres Kota Sibolga AKBP Jhony Sebayang dalam sambutannya, mengaku terharu dan bangga atas penyambutan tersebut. “Kehadiran saya ke tempat ini tidak menjadikan saya sebagai orang asing, karena banyak orangtua saya dan keluarga saya di tempat ini. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa ini. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat karo agar jangan melakukan tindakan atau pelanggaran hukum, karena apa pun alasannya kalau sudah melakukan tindakan pidana atau kejahatan harus berurusan dengan hukum,”tandasnya.
Pada kesempatan itu juga dilanjutkan dengan pemberian Uis Beka Buluh (Kain adat karo) kepada Kapolresta beserta dengan istri yang disampaikan oleh pengurus Merga Silima Sibolga-Tapteng yang diiringi musik Odak-odak Karo yang khusus didatangkan dari tanah karo. Acara ini pun berlangsung khitmad dan penuh dengan kekeluargaan. (Jason Gultom)

Tidak ada komentar: